Selasa, 02 April 2013

Macam-Macam Sepeda Gunung

Artikel saya kali ini akan menjelaskan tentang Sepeda Gunung dan Macam-Macam Sepeda Gunung. Mungkin Sobat ada yang bingung dengan artikel saya kali ini? Karena saya juga memiliki hobby yang ekstrem, yaitu sepeda Downhill. Disini saya akan berbagi mengenai sepeda gunung pada Sobat, biar Sobat juga bisa mengerti dengan sepeda gunung.

Sepeda Gunung ialah sepeda yang digunakan dalam medan yang berat/kondisi jalan yang tidak beraspal. Untuk jenis dan fungsinya Sepeda Gunung dibagi menjadi 5 jenis, langsung saja kita simak (CeKiDoT) :

  1. Croos Country (XC)



    Sepeda ini dirancang untuk medan yang tidak terlalu ekstrem (ringan), sepeda jenis ini hanya mempunyai suspensi depan (shock depan). Didesign agar lebih efesien dan optimal pada saat mengayuh ditanjakan, di jalanan beraspal hingga jalan tanah pedesaan.

  2. Free Ride (FR)



    Sepeda ini dirancang untuk mampu bertahan melakukan lompatan tinggi (drip off) dan kondisi ekstrim sejenisnya. Rangka kuat namun tidak bisa selincah sepeda jenis All Montain, karena bobotnya yang lebih berat, maka kurang cocok untuk digunakan dalam perjalanan jarak jauh dan jalan yang menanjak.

  3. Dirt Jump (DJ)



    Sepeda ini dirancang untuk anak muda perkotaan yang suka kebut-kebutan di jalan raya, selain digunakan untuk transportasi sepeda ini juga digunakan untuk melakuan atraksi lompatan tinggi dan atraksi ekstrim lainnya.

  4. Downhill (DH)



    Sepeda ini dirancang khusus untuk medan yang sangat ekstrem (seperti : dijalan bebatuan, pegunungan, dsb). Sepeda gunung ini memiliki suspensi ganda yaitu di depan dan di belakang (shock double) berfungsi untuk meredam benturan keras yang kerap terjadi ketika menuruni lereng dan dapat menikung dengan stabil pada kecepatan tinggi.  Sepeda ini sangat nyaman dikendarai di daerah pegunungan (daerah yang menurun) dengan aman.

  5. All Mountain 



    Sepeda ini dirancang untuk jalur perpaduan antara Croos Country (XC) dan Downhill (DH), seperti melintasi alam yang berat, masuk hutan, melintasi medan berbatu, dsb. Kayuhan sepeda ini membutuhkan usaha yang lebih dari pengendara akibat suspensi (shock), tapi saat ini teknologi suspensi depan dan belakang sudah ada yang bisa dimatikan sehinngan bisa dimatikan/tidak difungsikan saat tidak dibutuhkan
Nah, sekarang Sobat sudah pada tahukan tentang Sepeda Gunung dan Macam-macamnya. Jadi Sobat bisa mempertimbangkannya sebelum membeli sepeda gunung! Sekian untuk post saya kali ini, semoga bisa bermaanfaat untuk sobat!

Ditulis Oleh : uBay Sanjaya ~ B3T@H

Sobat sedang membaca artikel tentang Macam-Macam Sepeda Gunung. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan atau mengcopy paste artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Copyright © 2014

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

FeedLangganan Artikel Terbaru B3T@H via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan


1. Gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar.
2. Komentar merupakan cermin diri dari komentator.
3. Berkomentarlah sesuai artikel yang dipostkan.
Saya sangat mengharapkan komentar/kritikan Anda soal postingan-postingan saya? :)

*Komentar yang kurang tepat, akan saya delete.



Anda boleh menyebar-luaskan postingan saya, tapi harus dengan memberikan sumbernya?
Thanks!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons