Selasa, 08 Januari 2013

PENGERTIAN MOTHERBOARD



Papan induk (bahasa Inggris: motherboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.
Pengertian lain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.


KOMPONEN-KOMPONEN PAPAN INDUK (MOTHERBOARD) DAN FUNGSINYA 

1.     Slot processor
Slot processor ini untuk berfungsi untuk menempatkan processor pada motherboard/menghubungkan processor dengan motherboard. 
2.     Slot memory
Slot memory ini berfungsi untuk menempatkan memory/RAM card pada motherboard/menghubungkan motherboard dengan memory/RAM card. Slot ini terdiri atas berbagai jenis, antara lain slot memori SIMM, DIMM/SDRAM, DDRAM, DDR2, dan DDR3. Jenis slot DDR2 hampir sama dengan DDR, perbedaanya pada letak pembatas slot yang agak ketengah. DDR2 ini telah banyak digunakan pada motherboard keluaran terbaru bahkan sekarang sudah ada DDR3.
3.     Slot VGA
Slot VGA ini berfungsi untuk menempatkan VGA card pada motherboard/menghubungkan motherboard dengan VGA card.
4.     Chipset
Chipset  adalah sebuah Chip pada motherboard yang berfungsi untuk menghubungkan semua jalur data dalam motherboard tersebut. Chipset mempengaruhi kelebihan atau dukungan motherboard terhadap periferal lainnya.
5.     Port I/O
Port I/O adalah konektor tempat memasang perlatan input / Output.
Di bagian ini ada beberapa port, berikut penjelasannya :
1   a.     PS/2 Mouse Port
Port yang berbentuk bulat dengan lubang pin sebanyak 6 buah (berwarna hijau).
b.    Keyboard port
Port yang berbentuk bulat, dengan lubang pin sebanyak 5 buah (berwarna ungu) . Perbedaanya dengan PS/2 mouse port yaitu, dalam jumlah lubang pin dan diameternya, yang memiliki lubang pin 6 buah dan diameternya lebih kecil separuhnya dibanding Keyboard port.
c.     Port pararel dan serial
Pada tipe AT, port serial dan paralel tidak menyatu dalam satu motherboard tetapi disambungkan melalui kabel. Jadi, di motherboard tersedia pin untuk menancapkan kabel. Fungsi port paralel bermacam-macam, mulai dari menyambungkan komputer dengan printer, scanner, sampai dengan menghubungkan komputer dengan periferal tertentu yang dirancang menggunakan koneksi port paralel. Port serial biasanya digunakan untuk menyambungkan dengan kabel modem atau mouse. Ada juga piranti lain yang bisa dicolokkan ke port serial. Dalam motherboard tipe ATX, port paralel dan serial sudah terintegrasi dalam motherboard, sehingga Anda tidak perlu menancapkan kabel-kabel yang merepotkan.
d.    Line in jack
Jack line in (biru muda) menghubungkan ke tape player atau sumber audio lainnya. Pada mode 6-channel, fungsi jack ini menjadai bass/tengah.
e.     Line out jack
Jack line out (lime) ini menghubungkan ke headphone atau speaker. Pada mode 6-channel, fungsi jack ini menjadi speaker out depan.
f.     Microphone jack
Jack mic (pink) ini meghubungkan ke mikrofon. Pada mode 6-channel fungsi jack ini rear speaker out belakang.
g.    USB 2.0 port 1 dan port 2
Kedudukan port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan untuk menghubungkan dengan perangkat USB 2.0.
h.     USB 2.0 port 3 dan port 4
Kedudukan port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan untuk menghubungkan dengan perangkat USB 2.0.
6.     Slot PCI
           Slot PCI ini berfungsi sebagai penghubung motherboard dengan land card, tv tuner.
7.     Port PSU(Power Supply )
           Port PSU ini berfungsi untuk menghubungkan kabel power supply ke motherboard.
8.    Socket Flopy Disk
           Socket ini berfungsi sebagai pengubung disket dengan moterboard melalui kabel.
9.    Socket ATA
     Advanced Technology Attachment (ATA) adalah interface standart untuk menghubungkan stronge devices seperti hard disk dan CD-ROM drives dalam personal komputer.
10. Generator Clock
     Generator Clock adalah sebuah krisatal pada motherboard yang berfungsi sebagai pembangkit pulsa prosesor dan menyamakan waktu kerja antar komponen dalam motherboard.
11.  Cache memori
Cache memori pada sebuah motherboard berfungsi untuk mempercepat proses penyimpanan data pada media yang lamban. Cache memori ini terdapat diluar prosesor, tetapi terlletak pada integreted circuit yang sama dengan prosesor. Cache memori mempunyai kecepatan akses sangat tinggi dan digunakan untuk menyimpan instruksi atau data terakhir kali digunakan CPU secara temporer.
12.  Northbridge
Northbridge itu adalah benda yang mengatur jalannya CPU dan RAM istilahnya northbridge ini controlnya CPU dan RAM.
13.  Southbridge
Southbridge adalah tempat pengaturnya input output device. Jadi semua yang berhubungan dengan input output diatur oleh southbridge.
14.  Chip Bios
Kegunaan Chip Bios ini untuk menampilkan bios di layar computer.





Ditulis Oleh : uBay Sanjaya ~ B3T@H

Sobat sedang membaca artikel tentang PENGERTIAN MOTHERBOARD. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan atau mengcopy paste artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Copyright © 2014

ARTIKEL TERKAIT:

1 komentar:

Rifaldy Rizal mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

FeedLangganan Artikel Terbaru B3T@H via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan


1. Gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar.
2. Komentar merupakan cermin diri dari komentator.
3. Berkomentarlah sesuai artikel yang dipostkan.
Saya sangat mengharapkan komentar/kritikan Anda soal postingan-postingan saya? :)

*Komentar yang kurang tepat, akan saya delete.



Anda boleh menyebar-luaskan postingan saya, tapi harus dengan memberikan sumbernya?
Thanks!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons