Rabu, 12 Desember 2012

Cara Merawat Printer Laserjet

Mengingat harga printer dan pengoperasian yang tidak sedikit, bagi pengguna printer laserjet harus benar-benar melakukan perawatan khusus pada printer tersebut. Karena hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya kerusakan yang berat, sehingga harus mengganti komponen yang masih terhitung sangat mahal. Berikut merupakan tips atau cara untuk melakukan perawatan printer laserjet dengan benar, dalam hal ini berlaku secara umum untuk semua merk printer jenis laserjet :

  1. Jauhkan penempatan printer dari sinar matahari langsung, karena didalam cartridge printer laserjet  terdapat OPC Drum yaitu sebuah komponen yang sangat peka cahaya dan dapat rusak permanen apabila terkena cahaya matahari langsung.
  2. Hindari penggunaan printer dalam lingkungan yang terlalu berdebu, karena debu dapat mapat masuk ke dalam unit laser (scanner) yang dapat menyebabkan berkurangnya kualitas cetak yang dihasilkan.
  3. Hindari penggunaan printer dalam lingkungan yang terlalu lembab, karena serbuk toner dalam cartridge-nya mudah rusak oleh kelembaban udara yang terlalu tinggi.
  4. Jangan menggunakan toner cartridge yang sudah bocor, hal ini menyebabkan serbuk toner berhamburankemana-mana. Tumpahan serbuk toner yang menyebar di dalam printer dapat menyebakan kerusakan. Untuk itu sebelum memasukan toner cartridge ke dalam printer pastikan tidak ada kebocoran serbuk daari toner-nya, khususnya bagi yang baru saja melakukan refill.
  5. Gunakan media cetak dengan gramatur sesuai dengan spesifikasi printer, media cetak dengan gramatur terlalu tinggi akan memberi beban lebih pada unit pemanas (fuser) sehingga cetakan pada media cetak mudah rontok dan terhapus.
  6. Gunakan printer laserjet dengan daya listrik yang stabil, jika perlu gunakan stabilizer atau stavolt.
  7. Jangan memberi beban kerja melebihi spesifikasi printer. Setiap printer laserjet memiliki duty cycle yang telah ditetapkan oleh prosedurny. Hal ini akan berdampak pada usia pakai komponen cartridge maupun printernya apabila meberikan beban kerja yang melebihi spesifikasi printer.
  8. Jika terjadi paper jam di dalam printer, pastikan kamu melepas toner cartridge-nya terlebih dahulu baru kemudian tarik kertas yang macet dalam printer, cara menarik kertasnya adalah searah jalannya kertas dan tidak boleh sebaliknya (dari tray yang ada dibelakang printer).
  9. Jangan menggunakan kertas bekas, karena akan mudah mengalami paper jam. Jika anda ingin mencetak bolak-balik beberapa printer laser memiliki fitur ”duplex”, maka manfaatkan fitur ini yang mampu mencetak bolak-balik sekali jalan.
  10. Jika anda ingin lebih hemat dalam mencetak, kamu dapat menggunakan jasa refill atau membeli cartridge compatible, namun pastikan dulu kualitas refiller maupun compatible yang anda beli memenuhi standart yang dianjurkan.

Ditulis Oleh : uBay Sanjaya ~ B3T@H

Sobat sedang membaca artikel tentang Cara Merawat Printer Laserjet. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan atau mengcopy paste artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Copyright © 2014

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

FeedLangganan Artikel Terbaru B3T@H via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan


1. Gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar.
2. Komentar merupakan cermin diri dari komentator.
3. Berkomentarlah sesuai artikel yang dipostkan.
Saya sangat mengharapkan komentar/kritikan Anda soal postingan-postingan saya? :)

*Komentar yang kurang tepat, akan saya delete.



Anda boleh menyebar-luaskan postingan saya, tapi harus dengan memberikan sumbernya?
Thanks!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons