Rabu, 12 Desember 2012

Merawat dan Maintenance Laptop

Kali ini saya akan Mencoba untuk berbagi tentang merawat dan maintenance laptop menurut pengalam saya sebagai orang Teknik Informatika


Merawat
  1. Jangan memakai Laptop di atas kasur / tempat tidak rata Hal ini dapat menyebabkan Harddisk anda rusak dan menyebabkan panas yg di hasilkan oleh processor tidak dapat dikeluarkan, sehingga Laptop anda menjadi mudah panas. Cobalah sebisa mungkin memakai laptop anda di tempat yang rata.
  2. Jangan melakukan Aktivitas yang sekiranya berbahaya
    maksudnya adalah jangan makan makan minum di dekat Laptop karena dikhawatirkan makanan atau minuman anda tumpah ke laptop. Jangan memotong kuku di dekat Laptop karena bisa saja potongan kuku anda masuk ke sela-sela keyboard Laptop, hal ini biasanya di anggap sepele tapi kerusakan yang ditimbulkan lumayan serius.
  3. Jauhkan medan Magnet dari Laptop anda
    Untuk melindungi data yang ada di dalam Harddisk, jangan meletakkan piranti yang mengandung medan Magnet kuat di sekitar Laptop, contoh piranti yang mengandung medan magnet kuat, Speaker yang tidak berpelindung ( Unshielded Speaker System ) atau Telepon Genggam. letakkanlah piranti tersebut pada jarak aman sekitar 15 cm dari Laptop.
  4. Hindari Panas Matahari
    Jangan Menggunakan / meninggalkan Laptop di dalam Mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan tersebut dapat merusak Komponen Laptop.
  5. Cara Menyimpan Latop
    Bila anda akan menyimpan Laptop dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yan sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara yang cukup baik. Taruh Silikon Gel untuk menghindari Jamur. begitu ingin menggunakannya kembali, Charge baterai dengan Cara, Mengisi dan Mengosongkan Baterai (Dihabiskan Dayanya) Sebanyak 3 kali berturut-turut

Maintenance
  1. Scan Laptop anda
    Ada berbagai antivirus yang tersedia saat ini seperti, Avast ! Antivirus, Smadav, Avira, AVG, Norton, Dll. Lakukan Full scanning pada Laptop anda minimal 1 kali dalam seminggu. Saya menggunakan Avast ! Antivirus untuk melakukan scanning, jika anda tertarik anda dapat mendownloadnya di sini, untuk lisensinya, saya mempunyai yg aktif sampai 2038, untuk mendapatkannya anda dapat kirim E-mail ke alamat E-mail saya di nightvoice21@gmail.com.
  2. Bersihkan File-file Sampah
    Untuk membersihkan File-file sampah anda dapat menggunakan software CCleaner. untuk mendapatkannya anda dapat mendownloadnya di sini. Software ini gratis dan tidak memerlukan Registrasi.
  3. Lakukan Defrag pada komputer anda
    Untuk melakukan defrag ini saya biasanya menggunakan Software Auslogics Disk Defrag. Anda dapat mendownloadnya Disini. lakukan pen-Defrag-an ini minimal 1 kali dalam seminggu. saya sarankan anda melakukan "Analyze" dulu sebelum mendefrag, setelah di analyze pilih "Defrag & Optimize", hal ini dilakukan untuk menata file-file yg berserakan agar tertata rapi, sehingga Laptop anda tidak Lamban saat digunakan.
  4. Jangan Asal download Software
    Hal ini dikarenakan tidak semua software dapat di percaya keamanannya, bisa saja software tersebur mengandung virus yang dapat merusak file-file kita.
  5. Jangan Asal Install Software
    Hal ini jga biasanya jga dapat merusak Laptop anda. Karena biasanya software yang di install dapat merubah Registry-registry kita.
Sumber : Apa Aja Ada

Ditulis Oleh : uBay Sanjaya ~ B3T@H

Sobat sedang membaca artikel tentang Merawat dan Maintenance Laptop. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan atau mengcopy paste artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Copyright © 2014

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

FeedLangganan Artikel Terbaru B3T@H via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan


1. Gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar.
2. Komentar merupakan cermin diri dari komentator.
3. Berkomentarlah sesuai artikel yang dipostkan.
Saya sangat mengharapkan komentar/kritikan Anda soal postingan-postingan saya? :)

*Komentar yang kurang tepat, akan saya delete.



Anda boleh menyebar-luaskan postingan saya, tapi harus dengan memberikan sumbernya?
Thanks!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons